Pengalaman Mengikuti Prajabatan/Latsar CPNS Part 3 : PPSDM Kemendagri Regional Yogyakarta

Sebelum lanjut ke Part 3. Kalian bisa membaca cerita Latsar atau Prajabatan part sebelumnya :

Part 1 : Persiapan

Part 2 : Dodiklatpur Rindam IV, Klaten

 


 

 

 

Tempat Baru Latsar atau Prajabatan

 

Waktu telah menunjukkan pukul 13.00 WIB. Saat ketika tas ku gendong, ember pada tangan kiri dan printer pada tangan kanan, aku berjalan tergopoh-gopoh menuju bus yang hendak berangkat.

Ya, hari itu setelah Upacara Penutupan Peserta Latsar di Dodiklatpur Rindam IV Diponegoro, Klaten yang sangat meriah, kami diharuskan untuk segera berpindah ke tempat selanjutnya yaitu di PPSDM ( Kemendagri Regional Yogyakarta.

Yang berada dalam bus ini adalah teman-temanku yang satu kelompok dan satu kelas selama berada di Dodiklatpur Rindam IV, Klaten. Dan nantinya selama mengikuti Latsar di PPSDM Kemendagri Regional Yogyakarta kami semua akan kembali sekelas.

Suasana setibanya di PPSDM Kemendagri Regional Yogyakarta

Tiba sekitar pukul 16.00 WIB, semua penumpang bus terbangun dari tidur siangnya yang sangat melelahkan sehabis Upacara tadi. Setelahnya, kami harus menunggu sebentar pada halaman pintu masuk PPSDM Kemendagri Regional Yogyakarta, sebelum pada akhirnya kami mendapatkan kunci kamar masing-masing untuk beristirahat sejenak dan bebersih.

Anyway aku dapat kamar sekamar dengan 3 orang yaitu Dhika dari Blora (Analis) dan Pak Ruby dari Klaten (Fisioterapi).

 

Kegiatan Selama di PPSDM

 

Istirahat sejenak

Malamnya sekitar pukul 21.00 WIB, kami harus selalu mengikuti apel malam maupun apel pagi. Untuk apel malam, pakaian yang kami kenakan adalah bebas dan rapi, sedangkan untuk apel pagi mengenakan pakaian kemeja putih dan celana hitam pada hari senin dan batik pada hari tertentu. Tentunya tak ketinggalan atribut yang harus selalu kami pakai yaitu ID Card, Name Tag, Pin Korpri, Pin Merah Putih dan Topi peserta Latsar.

Pagi hari sebelum apel sekitar pukul 05.00 WIB, biasanya ada olahraga pagi bersama entah itu Senam maupun latihan baris berbaris maupun latihan upacara. Setelahnya pukul 06.30 sarapan pagi bersama diruang makan dan berlanjut dengan mandi dan bersiap untuk apel maupun upacara pagi.

Selesai kegiatan upacara atau apel pagi, jadwal selanjutnya adalah kegiatan belajar.

Nah apa sih materi yang diberikan kepada para peserta Latsar?

Materi yang akan kalian dapatkan saat nanti akan mengikuti Latsar yaitu materi tentang ANEKA. Selama mengikuti kegiatan Latsar ini, diharapkan ASN memiliki nilai-nilai dasar yang disingkat menjadi ANEKA yaitu Akuntabilitas; Nasionalisme; Etika publik; Komitmen mutu dan Anti korupsi.

Kegiatan kelas berlangsung dari pagi hingga malam hari sebelum apel malam, tentunya pada sela-sela kelas ada ISHOMA dan bahkan ada waktu untuk Coffee Break.

Pada minggu pertama kelas, kami diberikan materi seputar ANEKA baru sekitar pada minggu kedua kami mulai belajar untuk bagaimana cara membuat Laporan Aktualisasi.

 

Sempat Sakit

 

Selama di PPSDM Kemendagri Regional Yogyakarta ini, aku merasa hubungan kekeluargaan dengan teman-teman yang lain lebih dapet feelnya ketimbang saat berada di tempat sebelumnya. Hal ini karena mungkin intensitas waktu untuk berjumpa, mengobrol dan bercanda lebih sering. Selain itu juga meski di PPSDM ada waktu untuk bersantai, tapi tetap mengedepankan kedisiplinan.

Dan yang bagusnya adalah pada saat di PPSDM, karakter disiplin pada diri kami masing-masing sudah terbentuk sedari saat mengikuti Latsar di Dodiklatpur Rindam IV Diponegoro Klaten, jadi nggak kagok gitu beradaptasi dengan lingkungan di PPSDM.

Di PPSDM sendiri disediakan sepeda yang bisa dipakai secara gratis untuk mempermudah hidup. Sering aku pakai untuk pergi keluar untuk beli makanan atau beli obat. Oh ya, ngomongin soal obat aku jadi inget momen ketikaawal-awal kami pindah kesini, banyak sekali yang sakit.

Rata-rata pada batuk pilek gitu.

Mungkin akibat kelelahan, karena sebelumnya tenaga kami benar-benar terforsir saat menjalani Latsar di Dodiklatpur Rindam IV Diponegoro Klaten. Tapi meski begitu kenapa sewaktu pada tempat sebelumnya jarang sakit, karena meskipun banyak aktifitas fisik tetapi kami tetap wajib harus makan yang banyak agar tidak mudah sakit.

Baru ketika berada di PPSDM yang mana lingkungannya sedikit lebih santai daripada, dan juga pada saat waktu makan kita bisa memilih seberapa banyak makannya tanpa ada paksaan untuk makan banyak dan harus menghabiskan makanan. Mungkin hal tersebut yang menyebabkan banyak yang sakit akibat kelelahan, termasuk aku hahaha.

Namun meski begitu tetap mengasyikan dan bersyukur sekali bisa memiliki pengalaman hidup mengikuti Latsar.

 

Teman-teman yang Seru

 

Karena berlokasi di Yogyakarta, tentu saja pada saat weekend kami menyempatkan diri untuk jalan-jalan sekitar. Pernah waktu itu rame-rame sewa grab car untuk jalan-jalan menikmati suasana malam minggu ke Malioboro, nongkrong pada sebuah cafe, atau bahkan sepedaan minggu pagi sekitaran stadion Mandala Krida. Untuk apalagi kalo bukan mencari sarapan bubur ayam hehe..

Awalnya aku pikir lebih enak kalo dapet tempat Latsar di Semarang karena lebih deket dengan rumah. Namun ternyata itu salah, Yogyakarta lebih seru karena bisa punya kenalan temen-temen dari berbagai daerah dan juga lebih banyak pengalamannya.

Rancangan Aktualisasi

 

Minggu-minggu kedua berada di PPSDM Kemendagri Regional Yogyakarta, semuanya sedang berfokus untuk mulai mencicil Rancangan Aktualisasi.

Sebelumnya sudah mendapat penjelasan oleh dosen tentang apa itu Rancangan Aktualisasi dan bagaimana cara membuatnya.

Untuk penjelasan secara singkatnya Rancangan Aktualisasi itu hampir mirip seperti Tugas Akhir atau Skripsi gitu. Pada Rancangan Aktualisasi kita harus mencari sebuah permasalahan yang ada pada tempat kerja kita kemudian merancang bagaimana cara mengatasinya menggunakan inovasi.

Nah pada kedua di PPSDM Kemendagri Regional Yogyakarta ini kita hanya sampai membuat Rancangan Aktualisasi kemudian akan di Seminarkan pada  hari-hari terakhir. Baru setelahnya kita pulang kembali ke tempat kerja kita masing-masing untuk melakukan kegiatan yang sudah kami rancang tadi. Kemudian setelah kurang lebih sebulan berada pada tempat kerja, kita kembali kesini lagi untuk mempresentasikan hasil dari kegiatan yang sudah kita kerjakan dan membuat Laporan Aktualisasi.

Tentu bukan perkara mudah untuk menemukan judul Rancangan Aktualisasi dan apa yang akan kita lakukan untuk menemukan solusi dan inovasi untuk mengatasi permasalahan yang ada pada tempat kerja kita. Aku sendiri tidak sehari dua hari menemukan ide mau ngapain dengan Rancangan Aktualisasi tersebut hehe..

Namun syukurlah bisa ketemu ide dan berhasil selesai menyelesaikan Rancangan Aktualisasi tepat waktu.

 

Seminar Rancangan Aktualisasi dan Kembali Pulang

 

Seminar Rancangan Aktualisasi

 

Tibalah hari untuk mempresentasikan seminar Rancangan Aktualisasi. Sebelumnya sudah sempat diskusi melalui whatsapp dengan Atasan yaitu Pak Kepala Puskesmas (Pak Kapus) dan beliau setuju dengan judul yang kuambil untuk Rancangan Aktualisasiku.

Pagi itu tampak temen-temen terlihat sibuk mempersiapkan untuk Seminar Rancangan Aktualisasi. Ada yang semalam lembur untuk menyelesaikan Rancangan Aktualisasinya, ada yang membawa printer dari rumah dan banyak juga yang menyewa printer.

Tak terkecuali denganku, saat semua sudah siap aku langsung menuju ruangan yang untuk seminar. Gugup sudah pasti, namun untungnya aku mendapat jadwal pada siang hari. Sempat sedikit was-was karena hampir jam 12 dan pak Kapus belum juga sampai. Aku merasa rikuh atau bahasa Indonesianya segan karena beliau sudah berbaik hari berkenan untuk datang jauh-jauh sampai ke Yogyakarta hanya demi aku yang bukanlah siapa-siapa ini.

Tiba gilirannya untukku maju kedepan memaparkan tentang Rancangan Aktualisasiku. Aku mengambil judul:

Peningkatan Pentingnya Melakukan Pemeriksaan Kesehatan di Posbindu Penyakit Tidak Menular Melalui Edukasi

Aku yang sejujurnya tidak pandai dalam berbicara, tentu saja tidak sebagus teman-teman yang lain dalam hal memaparkan dan menjawab pertanyaan. Syukur alhamdulillah Pak Kapus memberikan argumen yang positif dan mendukung atas apa yang sudah ku paparkan.

Dan pada akhirnya seminar hari tersebut usai sudah, tidaklah lama hanya berkisar 15 menit dan alhamdulillah pengujiku juga baik-baik semuanya jadi lancar.

Sore harinya sempat mengobrol sejenak dengan Pak Kapus sekitar kantin sambil ngopi-ngopi, sebelum pada akhirnya beliau berpamitan untuk pulang. Aku mengantar beliau hingga ke parkiran dan tentunya mengucap beribu-ribu terimakasih kepada beliau.

 

Sampai Berjumpa Kembali

 

Beberapa hari sebelum kami semua kembali ke kota masing-masing. Kami sempat pergi keluar dan nongkrong santuy ke cafe sambil bercanda gurau.

Pagi harinya kami berpamitan satu persatu, ada yang pulang bersama keluarga, naik kereta, naik motor maupun rombongan naik bus seperti kami. Meski pada akhirnya kami akan kembali lagi kesini, ada perasaan sedih untuk berpisah dengan mereka dan pengalaman yang luar biasa sekali.


Gak nyangka udah sepanjang ini ngetik hahaha.

Dan ini masih belum selesai lho, cerita masih akan berlanjut menceritakan hingga akhir Latsar. Jadi tungguin saja yak.

Kalo ada pertanyaan atau berbagi pengalaman seputar Latsar, feel free untuk meninggalkan jejak di kolom komentar ya!

Silahkan tinggalkan komentar

2 tanggapan untuk “Pengalaman Mengikuti Prajabatan/Latsar CPNS Part 3 : PPSDM Kemendagri Regional Yogyakarta”

Tinggalkan komentar agar aku bisa berkunjung ke blog kalian :)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.