Pengalaman Mengikuti Prajabatan/Latsar CPNS Part 2 : Melatih Kedisiplinan di Dodiklatpur Rindam IV Diponegoro, Klaten

Kami tiba di Dodiklatpur Rindam IV Diponegoro, Klaten sekitar pukul 11 siang. Makan siang, sholat dhuhur kemudian ganti kostum ke pakaian putih hitam dan berdasi.

Kami pun siap untuk mengikuti kegiatan Latsar selama seminggu disini.

Latsar CPNS di Dodiklatpur Rindam IV Diponegoro, Klaten

Kami semua dikumpulkan di suatu GOR/Aula untuk melakukan pendaftaran dan pemotretan foto formal.

Ada banyak sekali peserta Latsar dari berbagai daerah yang kulihat. Diantaranya yang kutahu ada yang dari Jateng, DIY, dan Jatim pokoknya banyak deh.

Proses pendaftaran memakan waktu yang cukup lama sampai sore hari, kemudian kami semua dikumpulkan di lapangan dan membentuk barisan setiap kelas dan diberi pengarahan selama mengikuti kegiatan disini.

Selesai pengarahan kami dipersilahkan untuk menuju ke ruangan sambil menenteng-nenteng koper, tas dan ember yang kami bawa semua.

Untuk cowok, kami semua tidur didalam sebuah barak yang cukup luas untuk menampung kami semua. Kami tidur bukan diatas kasur melainkan diatas tandu lipat tentara.

Makan pun Ada Aturannya

Suasana makan bersama di Dodiklatpur Rindam IV Diponegoro, Klaten
Suasana makan bersama di Dodiklatpur Rindam IV Diponegoro, Klaten

Kegiatan diawali dengan bangun jam 4 pagi, berebut untuk ke kamar mandi meski kamar mandinya cukup banyak tapi seringnya harus mengantri hahaha. Kemudian sholat subuh berjamaah yang selanjutnya dilanjutkan dengan olahraga pagi bersama Bapak instruktur TNI.

Selanjutnya sekitar pukul 7 pagi, kami dipersilahkan untuk kembali ke barak masing-masing untuk bebersih diri dan mandi. Setelahnya sarapan pagi bersama-sama dalam satu ruangan yang sangat besar. Nah disini untuk makan pun ada aturannya tidak boleh sembarangan.

Sebelum sarapan, bahkan sebelum memasuki ruangan untuk makan kami selalu dan harus berbaris dengan rapi dan tertib. Tidak boleh langsung duduk begitu saja, ada gerakannya secara kompak. Begitu pula jka sudah duduk di depan meja makan tidak boleh langsung makan. Harus berdoa dulu dan menunggu aba-aba untuk makan.

Saat makan pun tidak boleh sembarangan, jangan sambil ngobrol, tidak boleh sampai berbunyi alat makan dan juga harus sampai habis bersih makanan yang ada di piring.

Awal-awal sih easy lah, tapi lama-kelamaan liat nasi rasanya enegh sekali. Karena porsinya yang banyak dan kita nggak bisa ambil sendiri porsinya karena sudah ditata rapi diatas tempat makan.

Jadi makan selama 3x Sehari, diantara tengah-tengah jeda waktu makan pagi – siang – malam tersebut ada yang namanya extrafooding. Extrafooding meski cemilan, aturan makannya pun sama persis. Jadi lama kelamaan perut terasa penuh sekali.

Capek Tapi Seru

Sebelum acara jurit malam di Dodiklatpur Rindam IV Diponegoro, Klaten
Sebelum acara jurit malam di Dodiklatpur Rindam IV Diponegoro, Klaten

Jadi tahu kenapa kami harus selalu menghabiskan makanan, karena kegiatan sehari-hari yang begitu padat disini. Penuh dengan kegiatan baris-berbaris, kedisiplinan, terkadang juga ada kelas materi (bela negara, wawasan kebangsaan, cinta tanah air, dan disiplin dalam pembentukan karakter) bahkan juga ada games/permainan.

Kegiatan dimulai setelah sholat subuh hingga pukul jam 9 malam. Bahkan dibawah terik matahari kami melakukan kegiatan baris berbaris, jadi bisa dibayangkan betapa melelahkannya untuk seukuran orang sipil biasa seperti saya yang tidak pernah melakukan kegiatan tersebut hahaha.

Namun untuk teman-teman yang sakit maupun yang sedang hamil dipersilahkan untuk duduk di pinggiran. Tidak mengikuti kegiatan baris berbaris.

Jadi sans aja.

Meskipun ku akui kegiatan disini sangat melelahkan, namun disisi lain juga sangat menyenangkan. Bertemu teman baru dari berbagai daerah juga kegiatan yang lainnya tidak semenyeramkan yang kita kira. Karena Bapak-Bapak TNI disini bukan galak, lebih tepatnya tegas dan disiplin. Bahkan dibeberapa sesi mereka sering mengeluarkan humor untuk ice breaking dan mempererat persaudaraan.

Persiapan Upacara Penutupan

Nah salah satu yang unik adalah, kami CPNS yang mengikuti latsar di Dodiktlapur Rindam IV Klaten adalah yang angkatan yang terakhir di tahun 2019. Sebelum kami semua sudah ada 12 angkatan yang mengikuti kegiatan Latsar disini di tahun 2019.

Teman-teman Latsar CPNS kelas 6A
Teman-teman Latsar CPNS kelas 6A

Anyway kegiatan Latsar di Dodiklatpur Rindam IV Klaten ini baru dilaksanakan di tahun 2019 ini dan hanya ada di PPSDM Kemendagri Regional Yogyakarta yang menerapkan Latsar seperti ini. Teman-temanku yang satu domisili yang mengikuti Latsar di Semarang tidak ada kegiatan semacam ini sih.

Okay next.

Karena upacara penutupan kegiatan Latsar tersebut, pihak Dodiklatpur Rindam IV Klaten ingin menampilkan sesuatu pertunjukan yang wah. Maka dari itu beberapa hari sebelumnya, beberapa peserta Latsar ada yang ditunjuk untuk menjalani latihan untuk ditampilkan saat atraksi. Seperti merakit perahu karet, pasang tenda dan juga ada peragaan patroli di hutan membawa senapan laras panjang dan melumpuhkan musuh.

Nah yang lainnya yang tidak ditunjuk mengikuti Langkah Tegap Defile.

Aku sendiri mengikuti langkah tegap defile. Sangat susah sekali bagi kami semua untuk menyesuaikan gerakan agar kompak dan seirama. Untuk itulah kami berlatih hampir setiap hari bahkan dibawah terik matahari demi. Sampai kaki rasanya pegal sekali hahaha.

Upacara Penutupan dan Perpisahan

Pagi hari sebelum upacara penutupan, kami semua berfoto dulu tiap kelas untuk kenang-kenangan. Ada rasa lega, senang, bahkan bangga bisa mengikuti kegiatan Latsar disini.

Rasanya ingin bisa kembali lagi kesini tapi tidak sebagai peserta hahaha.

Pukul 09.00 pagi upacara penutupan dilaksanakan dilanjutkan dengan penampilan atraksi dari peserta latsar. Sangat keren sekali dan banyak mendapat tepuk tangan yang meriah dari para hadirin.

Kegiatan di Pasar Wedi, Klaten
Kegiatan di Pasar Wedi, Klaten

Setelah penampilan atraksi di lapangan (merakit perahu karet, pasang tenda dan juga ada peragaan patroli di hutan membawa senapan laras panjang dan melumpuhkan musuh). Selanjutnya adalah Langkah Tegap Defile dari kami semua. Alhamdulillah sukses dan terbayarkan sudah betapa lelahnya kami berlatih dengan tepuk tangan yang meriah dari hadirin semua.

Akhirnya selesai sudah kegiatan latsar selama seminggu di Dodiklatpur Rindam IV Diponegoro, Klaten. Sebelum berpisah kami menyempatkan untuk berfoto-foto dahulu.

Peserta Latsar CPNS di Dodiklatpur Rindam IV Diponegoro, Klaten

Setelahnya bis dari PPSDM Kemendagri Regional Yogyakarta datang menjemput kami untuk pelaksanaan Latsar CPNS selama 2 minggu kemudian.

Tidak semua kelas nantinya akan mengikuti Latsar CPNS di PPSDM Kemendagri Regional Yogyakarta, ada yang di Hotel Batik Jogja bahkan ada juga yang di Wisma Sargede.

Untuk kelas 6A (kelasku) dan 6B mengikuti kegiatan selanjutnya di PPSDM Kemendagri Regional Yogyakarta hehe.

Sampai berjumpa di PPSDM Kemendagri Regional Yogyakarta..

Silahkan tinggalkan komentar

2 tanggapan untuk “Pengalaman Mengikuti Prajabatan/Latsar CPNS Part 2 : Melatih Kedisiplinan di Dodiklatpur Rindam IV Diponegoro, Klaten”

Tinggalkan komentar agar aku bisa berkunjung ke blog kalian :)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.