Pengalaman Mengikuti Prajabatan/Latsar CPNS Part 1 : Persiapan

Melanjutkan postingan sebelumnya yaitu Pengalaman Mengikuti Tes Seleksi CPNS, Alhamdullilah Lolos !

Kali ini aku akan bercerita mengenai pengalamanku selama mengikuti Prajabatan atau nama kerennya sekarang adalah Latsar yang merupakan singkatan dari Latihan Dasar CPNS

Latsar CPNS

Latsar CPNS PPSDM Kemendagri Regional Yogyakarta

Setelah perjuangan berdarah-darah selama mengikuti seleksi CPNS hingga dinyatakan lolos dan mendapatkan SK CPNS serta bekerja di Instansi sesuai yang kita lamar. Perjuangan selanjutnya adalah mengikuti Prajabatan. Namun ada yang berbeda dalam proses prajabatan kali ini, bila prajabatan di jaman dahulu mungkin hanya berisi pemahaman materi, ujian tertulis kemudian selesai. Di jamanku ini prajabatan telah berganti nama menjadi Latsar atau singkatan dari Latihan Dasar CPNS.

 

Jadi apa itu Latsar CPNS?

 

Untuk penjelasan lebih lengkapnya kalian bisa tanyakan ke mbah google ya hehe, jadi yang di maksud latsar menurut pengalamanku yang telah selesai mengikuti latihan dasar ini adalah istilahnya kurang lebih adalah syarat agar bisa menjadi PNS atau Proses menghilangkan huruf C pada kata CPNS.

Nah, bagaimana prosesnya akan aku ceritakan pada tulisan dibawah ini, akan sedikit panjang jadi mungkin aku akan bagi dalam beberapa Part.

 

Persiapan

 

Jadi ceritanya setelah dinyatakan lolos CPNS dan mendapatkan SK CPNS, 2 hari kemudian aku langsung bertugas di Instansi yang aku daftar sewaktu Seleksi Administrasi CPNS.

Aku bekerja di Instansi tersebut sembari menunggu pemberitahuan lebih lanjut mengenai Prajabatan atau istilahnya sekarang adalah Latsar (Latihan Dasar). Kurang lebih sekitar 6 bulan bekerja barulah diriku mendapat kesempatan untuk mengikuti Latsar. Di daerahku, tempat pelaksanaan latsarnya dibagi menjadi 2.

Ada yang di Semarang (yang mana deket dari daerahku) dan ada juga yang di Yogyakarta. Kenapa ada di Yogyakarta, karena kuota peserta Latsar di Semarang sudah penuh (koreksi bila aku salah) jadi peserta lainnya yang dari daerahku (ada 28 orang yang kebetulan nakes semua) harus mengikuti latsar di tempat lain yaitu di Yogyakarta.

Persiapan Latsar CPNS ke Yogyakarta

Sebelum keberangkatan untuk mengikuti Latsar, aku mempersiapkan berkas-berkas persyaratan yang diperlukan.
Seperti misalnya; Biodata peserta latsar, Fc Surat Tugas dari Pejabat Berwenang, Fc. SK CPNS, Fc Surat Perintah Melaksanakan Tugas (SPMT), Fc Ijazah dan Transkrip Nilai Terakhir, Surat Keterangan Sehat, dan Pas Foto 4×6.

Selain mempersiapkan beberapa berkas persyaratan yang diperlukan, aku dan 28 peserta yang merupakan nakes yang sama-sama mengikuti Latsar di Yogyakarta. Kami semua sepakat berkumpul untuk membahas apa saja yang harus dibawa kesana dan bagaimana transportasi untuk kesana sembari berkenalan dan mengakrabkan diri satu sama lain.

Beberapa barang yang harus dibawa seperti misalnya printer, baju olahraga, alat tulis, lencana korpri, name tag, pakaian putih hitam, dll.

Termasuk membawa ember dan gayung.

 

Ember dan Gayung?

 

Yups!.

Nanti ceritanya ada di Part selanjutnya.

 

Keberangkatan

 

Oke setelah semua persiapan tersebut, beberapa hari sebelumnya aku mencukur rambutku dengan potongan pendek. Hal ini karena sebelum mengikuti Latsar ke Yogyakarta, kami harus ke Klaten terlebih dahulu. Untuk mengikuti semacam latihan kedisiplinan selama seminggu di Dodiklatpur Rindam IV Diponegoro, Klaten.

Tiba saatnya hari keberangkatan untuk mengikuti Latsar selama 3 minggu. Dengan diantar oleh Bapak, pagi sekali aku berangkat menuju tempat pertemuan yang telah disetujui sama temen-temen.

Setelah semuanya berkumpul, kami semua berangkat dengan menggunakan bus menuju ke arah Klaten. Menuju ke Dodiklatpur Rindam IV Diponegoro, Klaten.

 

Mengikuti Latsar di Dodiklatpur Rindam IV Diponegoro, Klaten.

Silahkan tinggalkan komentar

Tinggalkan komentar agar aku bisa berkunjung ke blog kalian :)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.