Bahas Buku: Buku Cerita Anak Terbaik Sepanjang Masa “Seri Aku Anak Sehat”

[Kesehatan]

Pertama-tama aku ucapkan selamat kepada tante aku Dyah Umiyarni Purnamasari yang telah sukses mengeluarkan buku barunya yang berjudul Buku Cerita Anak Terbaik Sepanjang Masa “Seri Aku Anak Sehat”. Berikan applause dong *prok prok prok 😀

Dan aku juga berterima kasih banget karena udah dikirimin buku ini jauh-jauh dari Purwokerto. Begitu bukunya nyampe rumah, kemudian aku langsung baca. Kesan pertama aku baca bukunya, ini buku menarik banget terutama bagi anak-anak karena di dalamnya berisi banyak pengetahuan tentang pentingnya mengkonsumsi makanan bergizi yang dikemas secara apik melalui cerita anak. Jadi si anak enggak bosen serta paham karena penyampaian bahasanya mudah dipahami bagi anak-anak.


Buku Cerita Anak Terbaik Sepanjang Masa “Seri Aku Anak Sehat”

Judul : Cerita Anak Terbaik Sepanjang Masa Seri Aku Anak Sehat
Penulis : Dyah Umiyarni Purnamasari
Penerbit : Visimandiri
Halaman : 112 halaman

 

***

 

Ketika si Anak Enggan Mengkonsumsi Makanan Bergizi

 

Ingin si anak tumbuh menjadi anak yang sehat, cerdas dan kreatif ? Namun selama ini si anak selalu mengeluh enggan mengkonsumsi makanan bergizi semisal buah-buahan dan sayuran ? Dan bingung bagaimana cara mengenalkan makanan bergizi bagi anak ?

Sebagai orang tua tak perlulah merasa khawatir karena buku cerita anal ini menjawab semua pertanyaan diatas. Karena dalam buku ini, seperti yang telah aku bilang diatas berisi banyak pengetahuan tentang pentingnya mengkonsumsi makanan bergizi yang dikemas secara apik dan menarik melalui cerita anak. Ada sekitar tujuh cerita yang disajikan dalam buku ini.

Seperti misalnya cerita yang berjudul “Rabun Ayam Karena Suka Makan Mata Ayam?”

Rabun Ayam

Dalam cerita ini dikisahkan seorang anak bernama Dani yang memiliki penyakit dimana ia kesulitan untuk melihat di waktu senja atau yang biasa disebut dengan Rabun Senja. Awalnya saudaranya yang bernama Lala mengira Dani ini terkena Rabun Senja karena kebiasaannya yang gemar mengkonsumsi mata ayam goreng.

Ternyata setelah mereka mencari tahunya lewat buku Ensiklopedia kesehatan, penyakit Rabun Senja diakibatkan oleh kekuarangan vitamin A. Dani yang semula tidak suka meminum jus wortel yang dibuatkan Lala yang syarat akan vitamin A tersebut, menjadi berbalik menyukainya agar ia bisa sembuh.

 

Pengetahuan Seputar Gizi Bagi Anak

 

Selain cerita diatas, masih banyak cerita lainnya yang ditujukkan agar si anak mau mengkonsumsi makanan bergizi. Dan nggak hanya cerita saja, disetiap akhir dari cerita terdapat informasi mengenai Vitamin, akibat dari kekurangan mengkonsumsi Vitamin, serta Anjuran Kecukupan Vitamin dalam sehari dan kandungan Vitamin dalam bahan makanan.

Dan yang gak kalah menariknya, terdapat resep pembuatan makanan/minuman yang syarat akan mengandung vitamin. Jadi selain hanya membaca dan belajar, bisa sekalian masak-masak asyik dengan si kecil 🙂

Setelah selesai membaca bukunya, anak-anak dapat pula bermain mencari jejak

Mencari Jalan

Ada juga nih bonusnya, Kartu Kuartet Vitamin.

Jadi selain dapet bukunya, anak-anak juga dapat menggunakan kartu kuartet untuk belajar mengenal vitamin. Belajar pun jadi lebih menyenangkan!

Gimana? banyak banget kan bonus2nya 😀
Pas aku tanyain ke adikku sendiri yang sama-sama hobi baca, “Bagus kak. Aku suka bukunya, jadi lebih tahu tentang manfaat dari masing-masing vitamin”. Dan yang paling bikin aku suka banget yaitu semua informasi pengetahuan seputar gizi dikemas secara apik dan menarik dengan gambar-gambar ilustrasi yang indah.

Buku ini bisa kalian dapatkan di Gramedia atau di toko-toko buku terdekat.

Oh ya, bagi yang ingin berkenalan dengan kak Dyah Umi Purnama bisa mampir ke blognya artikelgizikesehatan.blogspot.com/ & http://dyahumiyarni.blogspot.co.id/
Beliau adalah seorang Dosen yang mengajar di Program Studi Kesehatan Masyarakat dan Ilmu Gizi, Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan, Universitas Diponegoro. Selain mengajar, juga beliau ini sangat memperhatikan dunia anak-anak. Beliau juga aktif dalam Komunitas Penulis Bacaan Anak (Puberland)

Oke segitu aja yang bisa aku ceritain tentang Buku Cerita Anak Terbaik Anak Sepanjang Masa “Seri Aku Anak Sehat”.

Terakhir aku mau bilang, jangan malas untuk mengkonsumsi makanan bergizi demi hidup yang lebih sehat!

Tinggalkan komentar agar aku bisa berkunjung ke blog kalian :)