5 Keuntungan Jika Kamu Berbuka Puasa di Rumah

[Pengalaman Pribadi]

Halo! Selamat berbuka puasa untuk kalian semua ya (setidaknya ketika aku nulis ini, dalam posisi setelah berbuka puasa)
Bagaimana ibadah puasanya? lancar ya? nggak ada yang donat kan? (bolong maksudnya) ๐Ÿ˜†


Setelah awal-awal puasa minggu pertama-kedua ini aku yakin kalian semua kebanjiran undangan buka bersama.

Hayo, ngaku nggak??

5 Keuntungan Jika Kamu Berbuka Puasa di Rumah

Berbagai macam alasan manusia ngajakin buka bersama seperti untuk menjalin tali silaturahmi, supaya lebih mengakrabkan diri dengan teman yang lain, juga sebagai ajang temu kangen dengan teman yang sudah lama tidak berjumpa.

Apapun itu alasannya buka bersama sah sah saja dilakukan selama nggak meninggalkan yang wajib ya (shalat maghrib) ๐Ÿ˜€
Jika kita lihat dari struktur katanya, buka bersama memiliki dua kata yang kalo aku artikan seperti ini buka = berbuka puasa dan bersama = bareng-bareng/nggak sendirian/nggak jomb..
*Ups ini bulan puasa dilarang membully ya.

Jadi, bisa ditarik kesimpulan bahwa buka bersama adalah berbuka puasa secara bersama-samaย  / bukber (lebih dari satu orang) dimanapun tempatnya. Namun seringkali kita mengartikan bahwa buka bersama itu harus diluar rumah ?.

Nggak juga,

Berbuka puasa dirumah itu bisa disebut juga dengan buka bersama selama kita nggak berbuka puasa seorang diri (bisa dengan mengundang teman-teman kita untuk berbuka dirumah atau berbuka puasa dengan keluarga saja bisa disebut dengan buka bersama).

So, kalian lebih suka bukber dimana? diluar rumah atau di rumah saja?.

Kalo aku sih lebih suka buka bersama di rumah bareng sama keluarga meski aku nggak anti juga sama buka bersama diluar.
Kenapa lebih suka buka bersama di rumah? Karena buka bersama di rumah ada beberapa keuntungannya diantaranya seperti di bawah ini :

1. Lebih Irit

Lebih irit

Yoi bener banget, kalian nggak perlu menghabiskan banyak uang dan bensin untuk bisa buka puasa dirumah. Apalagi yang masih tinggal bareng orang tuanya dirumah, beuh tinggal duduk dimeja makan doang udah tuh tersaji makanan dan minuman buat buka puasa ๐Ÿ˜€

2. Bisa Nambah Sepuasnya

 

Nikimat Puasa
Gambar oleh http://www.iberita.com/

Ini keuntungan bagi kalian yang punya usus gedhe nih, bisa nambah porsi berbukanya tanpa khawatir dengan isi dompet. Biasanya kalo lagi haus banget pas puasa, bukanya pake es kelapa muda bisa nambah 2 gelas gedhe. Hmmm segeeer (bagi yang baca tulisan ini pas lagi puasa, jangan dibayangin ya haha).

Kebiasaan orang kita nih makan dulu baru shalat dan entar tau-tau pas mau shalat maghrib ataupun tarawih.

โ€œEh buseet! kenyang banget perutku?โ€

Tapi katanya sih lebih baik makan sambil mikir shalat daripada shalat sambil mikir makan ? Entahlah ๐Ÿ˜€

3. Bisa Nyambi Aktivitas Lain

Nonton tvMeski berbuka puasa diluar bisa nyambi aktivitas lain, namun biasanya itu terbatas. Kalo kita berbuka puasa dirumah biasanya bisa nyambi aktivitas yang lain dan biasanya engga terbatas seperti misalnya saat berbuka puasa ada tayangan televisi yang sangat kalian sukai seperti uttaran atau anak jalanan. Kalian bisa buka puasa sambil nyambi nonton itu semua. Kalau semisal kalian sedang berbuka puasa diluar dan kebetulan ada sebuah televisi, yakin mau ganti channel ke tayangan favorit kalian?

4. Lebih Dekat dengan Keluarga

 

Keluarga
Gambar oleh kompasiana.com

Yang biasanya buka puasa di kostan atau kontrakan dan pada suatu ketika bisa menikmati buka puasa dirumah bersama keluarga itu rasanya sungguh-sungguh sangat membahagiakan. Dimana lagi kalian bisa bercanda tawa dengan orang-orang yang sangat menyanyangi tanpa suatu apapun selain dirumah? kalau kata pepatah londo sih Home Sweet Home.

Dengan berbuka puasa dirumah kalian bisa lebih mempererat hubungan dengan keluarga.

5. Lebih Menghargai Masakan Mama

 

bukber
Gambar oleh https://www.instagram.com/banggaber/ @banggaber

Meski biasanya ketika kita meminta ijin mama untuk berbuka di luar dan mama selalu mengijinkan sembari berpesan โ€œhati-hati di jalan ya nakโ€, sesungguhnya ada rasa didalam hati mama yang menginginkan anaknya untuk berbuka bersamanya dirumah agar bisa menikmati masakan buatannya. Ya mungkin seperti itu yang dialami para mama, kalau diantara pembaca ada yang udah jadi mama.

Aku akan bertanya apa benar begitu? hehe

Sekali-kali pujilah masakan buatan mama seperti dengan berkata โ€œenak maโ€, karena hal sekecil itu akan membuat mama kita merasa bahagia ๐Ÿ™‚

Yup itu dia 5 keuntungan jika kamu berbuka puasa bersama dirumah daripada bukber di luar. Jika kalian lebih suka berbuka bersama dirumah tulis alasan kalian dibawah ini ya! ๐Ÿ˜€
Yang lebih suka berbuka puasa bersama diluar tulis juga alasannya dibawah ini ๐Ÿ™‚

Tinggalkan komentar agar aku bisa berkunjung ke blog kalian :)